vima

Setup Menus in Admin Panel

Cara Membuat Watermark di Foto Digital

Bagi seorang photographer, penggunaan watermark pada hasil karyanya merupakan hal yang sangat penting dilakukan. Hali ini dilakukan untuk menandai bahwa hasil foto atau karya digital tersebut adalah hasil karyanya sendiri dan tidak boleh diakui oleh orang lain.

Untuk membuat watermark pada sebuah foto atau gambar ikuti langkah-langkah dibawah ini:

1.  Buka File Logo
Buka file logo yang akan digunakan sebagai watermark di Adobe Photoshop. Tekan Ctrl+A (Select All) dan garis putus-putus akan muncul di sekeliling halaman logo lalu Ctrl+C (Copy)

2. Buka File Artwork
Buka file foto atau artwork yang akan diberi watermark. Lalu tekan Ctrl+V (Paste) di atasnya dan file logo yang tadi sudah di-copy kini muncul di atas file foto. Apabila ukurannya terlalu besar, klik Move Tool untuk memunculkan pointer lalu tekan Shift (supaya hasil resize tetap proporsional) sambil menekan pointer bagian ujung.

Geser pointer tersebut ke arah dalam hingga ukurannya menjadi lebih kecil. Lakukan sebaliknya ketika menginginkan ukuran logo menjadi lebih besar, tetapi cara ini tidak disarankan karena bila resolusi gambar logo rendah hasilnya akan menjadi kabur (pixel terpecah-pecah). Apabila ukuran dirasa cukup, klik Enter.

3. Memposisikan Logo
Sekarang posisikan logo di tempat yang diinginkan selama Move Tool masih aktif, dengan menekan Ctrl lalu posisikan kursor di tengah gambar logo dan geser gambar ke posisi yang dihendaki. Pastikan tidak menutupi fokus utama foto atau karya Anda.”

4. Membuat Logo Menjadi Transparan
Kini saatnya membuat logo menjadi transparan. Perhatikan opsi Opacity di Layer Tab, di sampingnya terdapat angka 100%. Angka tersebut merupakan seberapa banyak transparan yang ditampilkan pada foto, semakin rendah angkanya maka semakin tinggi tingkat transparansi logo Anda.

Klik tombol segitiga di samping angka lalu geser indikatornya ke kiri untuk mendapatkan efek transparan. Tidak disarankan untuk menggeser panel indikator hingga di bawah 20% karena logo akan tampak tenggelam dengan foto dan tidak bisa tampil secara optimal.

Langkah Watermark dengan Tulisan
Bagaimana bila Anda tidak memiliki logo dan hanya ingin menambahkan tulisan watermark saja pada foto? Ikuti langka-langkah berikut:

1. Membuka file Artwork
Anda hanya perlu membuka file foto atau artwork lalu mulai membuat tulisan di atas file tersebut. Klik Type Tool, lalu klik dan tarik kursor hingga membuat garis putus-putus berbentuk kotak (ukuran bisa sesuai selera).

Ketika kotak tersebut sudah terbentuk, mulailah mengetikkan tulisan yang ingin digunakan sebagai watermark. Mengenai jenis font dan ukuran, silahkan melakukan penyesuaian di toolbar di bagian atas yang muncul ketika Type Tool diklik. Warna tulisan yang umum digunakan sebagai watermark adalah warna putih, gunakan Swatches Tab di sisi kanan lembar kerja untuk memilih warna.

2. Membuat Tulisan Transparan
Ketika tulisan sudah siap, klik Rectangular Marquee Tool atau tool yang mana saja untuk mematikan format Type Tool. Dengan demikian, opsi Opacity bisa diaktifkan (lihat Layer Tab). Pada titik ini, pastikan layer tulisan sudah terpilih, baru kemudian proses transparansi bisa dilakukan. Ikuti tahap ke-4 di atas untuk membuat efek transparan pada tulisan.

3. Hasil Watermark
Ketika posisi, ukuran dan konten tulisan maupun logo sudah sesuai, silahkan save as dokumen dalam format .JPEG. Hasilnya bisa dilihat pada gambar di bawah.

Selamat mencoba!

0 Responses on Cara Membuat Watermark di Foto Digital"

Leave a Message

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Copyright © 2010 - 2014 Jafam-ICT